11 Cara Bijak Merawat Sepatu Kulit Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Sepatu kulit merupakan salah satu jenis sepatu yang digemari banyak orang, khususnya kaum Adam. Sepatu jenis ini sering kali digunakan dalam acara formal seperti untuk bekerja atau pergi ke pesta. Menurut sebagian orang, merawat sepatu kulit bukanlah hal yang mudah. Butuh upaya lebih untuk merawatnya agar sepatu yang di beli bisa tahan lama. Bagaimana cara merawatnya?, inilah 11 cara bijak merawat sepatu kulit agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Check this out!

1. Kenali jenis kulit

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk merawat sepatu kulit adalah mengenali jenis kulit sepatunya. Meskipun sama-sama berbahan kulit, namun jenis kulit yang dipakai bisa beragam loh. Jenis kulit dapat dibedakan dari tingkat kelembapan, keelastisan, dan ketahanannya. Adapun sepatu kulit yang baik biasanya berbahan kulit top grain sampai full grain.

2. Tata sepatu dengan rapi

Biasanya yang luput dari perhatian adalah ketika meletakkan sepatu secara berserakan. kebiasaan buruk inilah yang seringkali membuat sepatu kulit kurang awet. oleh karena itu usahakan jangan letakkan sepatu kulit berdempetan dengan sepatu lain, beri sedikit ruang agar sepatu tidak tergores dan mengakibatkan lecet permanen.

3. Semir sepatu secara rutin

Agar kulit sepatu tetap stand out, usahakan semir sepatumu secara berkala yah. Pilihlah semir sepatu dengan kualitas terbaik agar warna yang dihasilkan tidak mudah pudar. Jangan lupa cari warna semir sepatu yang sama persis atau menyerupai warna kulit sepatumu. Usahakan untuk menyemirnya searah yah, agar warna yang dihasilkan nampak natural.

4. Jangan simpan ditempat lembab

Kondisi udara yang lembab dapat memicu tumbuhnya jamur dan bakteri, hal tersebut jika terus dibiarkan dapat merusak warna pada kulit sepatu. Namun kamu tidak perlu khawatir akan hal ini, karena dapat di atasi dengan memasukkan gel silika pada kotak sepatu. Gel silika dapat berfungsi untuk menyerap kelembaban yang ada di sekitar kotak penyimpanan. Jika kamu tidak memiliki gel silika, kamu dapat menggantinya dengan koran bekas di rumah.

Baca artikel lain: 15 Rekomendasi Jenis Sepatu Pantofel Terbaik 2021

5. Jangan simpan menggunakan plastik

Menyimpan sepatu kulit menggunakan plastik saangat tidak dianjurkan. Hal ini disebabkan karena plastik dapat menyerap warna yang ada pada kulit sepatu. Warna yang terserap dapat membuat warna sepatu menjadi pudar dan tampak kusam. Jadi sebaiknya simpan sepatumu di box sepatu aja yah.

6. Keluarkan sepatu secara berkala

Sepatu berbahan kulit sangat rentan terkena jamur. Agar sepatu kulitmu tetap kering dan tidak bau, usahakan untuk mengeluarkannya dari kotak penyimpanan minimal 2 minggu sekali. Kamu cukup mengangin-anginkan saja agar sepatu dapat merasakan udara segar.

7. Jemur langsung dibawah sinar matahari

Jika sepatumu basah karena terkena cipratan air, segera bersihkan dan keringkan. Usahakan keringkan langsung dibawah sinar matahari yah, agar kelembabannya menjadi berkurang. Ingat, pada saat menjemurnya jangan sampai terlalu lama. karena suhu udara yang tinggi juga dapat memicu keretakan pada kulit sepatu. Jadi jika sudah kering segera kemasi dan masukkan lagi di kotak penyimpanan.

8. Usai pakai jangan langsung disimpan

Setelah menggunakannya seharian, pastinya sepatu kulitmu menjadi lembab karena keringat. Keringgat yang dibiarkan lama didalam sepatu dapat menyebabkan jamur dan timbulnya noda. Hal ini dapat kamu atasi dengan memasukkan spons kedalam sepatu selama 30-60 menit ya, agar kelembaban didalam sepatu kembali normal. Ingat, pastikan tidak ada kotoran yang menempel dibagian luarnya juga yah.

Baca juga: 5 Tips Memilih Sepatu Futsal Berkualitas

9. Bersihkan debu dan kotoran dengan lotion khusus

Jika sepatu kulit mu kotor, jangan langsung dilap menggunakan air yah, karena air memiliki kelembaban tinggi yang dapat memicu tumbuhnya jamur dan bakteri. Sebaiknya gunakan lotion yang diformulasikan khusus untuk bahan-bahan kulit agar warna dan kelembabannya tetap normal. Membersihkannya pun tidak boleh langsung di usap yah, semprotkan lotion pada spons dan tepuk-tepukkan spons pada noda sepatu.

10. Gunakan waterproof spray

Agar sepatu kulitmu tahan percikan air, kamu bisa menggunakan waterproof spray untuk melindunginya. Cara pakainya pun cukup mudah, pertama kamu bersihkan dulu sepatu kulitmu, setelah itu semprotkan pray di permukaan sepatu dan diamkan sampai 30 menit. Meskipun begitu gunakan spray ini sewajarnya yah, agar kulit sepatumu masih tetap bisa bernafas. Adapun rekomendasi waterproof spray bisa klik disini.

11. Gunakaan Pengganjal Sepatu

Pengganjal sepatu atau biasa disebut shoetree dapat mempertahankan bentuk asli sepatumu meski tidak digunakan. Selain menjaga sepatu agar tidak penyet, shoetree juga dapat menghalangi masuknya serangga didalam sepatu agar tidak mudah bau.

Nah itu tadi 11 cara bijak merawat sepatu kulit agar tetap awet dan tidak mudah rusak. kira-kira langkah mana aja nih yang sudah sering kamu praktekkan dirumah? jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar, ya!

Ingin membeli sepatu kulit secara online? Kunjungi website JK Collection ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *