5 Tips Memilih Sepatu Futsal Berkualitas

Tips Memilih Sepatu Futsal

Sumber gambar: bpguide.id

Bagi kamu penggemar kegiatan olahraga, tentunya jenis olahraga futsal ini sudah tak asing lagi di telinga. Jenis olahraga ini kebanyakan dimainkan oleh pria walaupun tak menutup kemungkinan ada sebagian dari kalangan wanita yang juga menggemarinya. Salah satu elemen penting yang tidak boleh ketinggalan ketika melakukan olahraga ini adalah sepatu futsal. Oleh karena itu, pemilihan sepatu perlu dipertimbangkan agar bisa maksimal ketika bertanding ditengah lapangan.

Pada artikel kali ini, JKCollection akan membagikan beberapa tips bagi kamu yang sedang mencari sepatu futsal berkualitas namun masih bingung dan takut salah memilih sebelum membeli. Yuk, simak tips berikut!

1. Memperhatikan Bahan Sepatu

Hal pertama yang diperhatikan dalam cara memilih sepatu futsal yang bagus adalah bahannya. Material yang biasa dipakai untuk membuat sepatu futsal ada empat, adalah kulit, kulit imitasi, karbon, dan kain. Menurut pakar sepatu, bahan sepatu futsal yang paling bagus adalah serat karbon.

Kenapa? Karena serat karbon bahannya kuat, ringan, lentur, dan sirkulasi udaranya bagus. Review pengguna sepatu futsal dari bahan serat karbon merasa nyaman dan jadi lebih lincah ketika sedang “tempur” di lapangan. Sedangkan bahan sepatu futsal yang sebaiknya dihindari adalah bahan kulit imitasi karena kurang nyaman dipakai dan lebih cepat rusak.

2. Memperhatikan Jahitan dan Sol

Cara memilih sepatu futsal selanjutnya adalah melihat jahitan sepatunya. Pilih sepatu yang jahitannya rapi agar lebih awet. Walau kamu membeli sepatu dari merk terkenal pun tetap harus mengecek jahitannya, takutnya ada yang terlepas. Hal lainnya yang harus diperhatikan adalah sol sepatu.

Sol adalah pelapis telapak kaki. Makanya, sol harus terbuat dari bahan yang lentur, kuat, lembut, dan dapat menyerap keringat dengan baik. Pilih sepatu futsal yang solnya agak tebal supaya tidak sakit ketika kamu berpijak keras di lapangan. Sesuaikan juga sol sepatu futsal dengan jenis lapangan yang biasa kamu datangi.

Kebanyakan lapangan futsal di Indonesia kalau tidak menggunakan lantai biasa, pakai rumput sintetis. Pilihlah sepatu dengan sol yang ada pull (tonjolan)-nya jika kamu sering ke lapangan futsal dengan rumput sintetis.

Baca artikel lain: 15 Rekomendasi Jenis Sepatu Pantofel Terbaik 2021

3. Memperhatikan Bentuk Kaki

Bentuk kaki setiap orang tidak ada yang sama. Kamu harus mengenal bentuk kaki kamu sendiri lalu mencari sepatu yang paling cocok buat bentuk kaki kamu. Ada dua jenis sepatu futsal, yaitu Wide-Fit dan Slim-Fit. Kira-kira kamu lebih cocok pakai sepatu jenis yang mana?

4. Memperhatikan Ukuran Sepatu

Tidak hanya sepatu futsal, dalam memilih sepatu apa pun juga ukurannya harus pas. Tapi, ukuran pas untuk sepatu futsal bukan berarti pas sekali seperti ketika kamu membeli sepatu sneakers, ya. Lebihkan size sepatu Anda 1 cm daripada ukuran kaki kamu yang sebenarnya, karena ketika banyak bergerak kaki akan membengkak. Makannya Anda membutuhkan ruangan lebih dalam sepatu Anda. Mau tahu agar sepatu futsalmu lebih awet, klik disini.

5. Memperhatikan Budget

Cara memilih sepatu futsal yang terakhir adalah dengan menyesuaikan budget. Banyak orang yang asal memilih sepatu karena keterbatasan budget. Akhirnya sepatu KW atau dupe menjadi pilihan. Padahal, sepatu KW kualitasnya sangat buruk dibandingkan dengan produk aslinya. Daripada membeli sepatu dupe, lebih baik Anda membeli sepatu lokal yang lebih murah tapi asli.

Baca juga: 11 Cara Bijak Merawat Sepatu Kulit Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Nah, itu dia 5 tips memilih sepatu futsal berkualitas versi JKCollection. Semoga informasi ini dapat berguna buat kamu. Jika kamu tahu tips lainnya dalam memilih sepatu futsal, jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar, ya! Ingin membeli sepatu futsal secara online? Kunjungi website JKCollection ya!

2 thoughts on “5 Tips Memilih Sepatu Futsal Berkualitas

  1. Pingback: 15 Rekomendasi Sepatu Pantofel Terbaik 2021 - JK Collection

  2. Pingback: 11 Cara Bijak Merawat Sepatu Kulit Agar Tidak Mudah Rusak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *